Laporan Angket Tahun Akademik Ganjil 2022/2023

ANGKET PEMAHAMAN VTMS DAN KEPUASAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA TERHADAP LAYANAN BIDANG TATA KELOLA, TATA PAMONG, DAN KERJASAMA, KEMAHASISWAAN, KEUANGAN DAN SAPRAS, BIDANG PENELITIAN
No Aspek yang diukur Skala Jumlah Rata-rata Intepretasi
4 3 2 1
A. Pemahaman VMTS Prodi PBSI STKIP Persada Khatulistiwa Sintang (1-4)
1. Pemahaman anda terhadap visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi PBSI STKIP Persada Khaulistiwa Sintang
6
23
0
0
3.21 3.11 Sangat Baik
2. Kinerja Program Studi PBSI STKIP Persada Khaulistiwa Sintang dalam mencapai visi, misi, tujuan, dan sasaran
5
24
0
0
3.17
3. Pendapat anda terhadap rumusan visi, misi, tujuan, sasaran Program Studi PBSI STKIP Persada Khaulistiwa Sintang
1
28
0
0
3.03
4. Informasi tentang visi, misi Program Studi PBSI STKIP Persada Khaulistiwa Sintang, anda ketahui dari:
a. WEB/Situs Program Studi PBSI STKIP Persada Khaulistiwa Sintang
b. Buku Pedoman Akademik
c. Kalender Program Studi PBSI STKIP Persada Khaulistiwa Sintang
d. Sosialisasi oleh pimpinan
e. Penjelasan dosen di kelas
f. Tulisan/informasi di pamflet/spanduk
g. Media sosial
1
28
0
0
3.03
B. Tata Kelola, Tata Pamong dan Kerjasama (5-16)
5. Sistem Informasi Akademik (SIAKD) bekerja dengan handal dan mudah diakses
1
28
0
0
3.03 3.76 Sangat Baik
6. Kepala dan staf bagian akademik sudah memberi tanggapan yang cepat dan baik terhadap keluhan mahasiswa
24
5
0
0
3.83
7. Kepala beserta staf bagian akademik sudah memiliki standar waktu pelayanan yang diberikan kepada mahasiswa
24
5
0
0
3.83
8. Prosedur penyampaian informasi pelayanan bagian in formasi sudah jelas dan mudah dimengerti
24
5
0
0
3.83
9. Kepala dan staf bagian administrasi memiliki kemampuan, pengetahuan, dan kecakapan yang tinggi dalam menjalankan tugasnya
24
5
0
0
3.83
10. Kaprodi Program Studi PBSI STKIP Persada Khaulistiwa Sintang selalu memberikan solusi yang inovatif dalam menyelesaikan permasalahan mahasiswa
24
5
0
0
3.83
11. Kaprodi Program Studi PBSI STKIP Persada Khaulistiwa Sintang menerima pendapat dan saran dari mahasiswa dengan sikap terbuka
24
5
0
0
3.83
12. Kegiatan kerjasama yang dilakukan Program Studi PBSI STKIP Persada Khaulistiwa Sintang dengan berbagai instansi sangat bermanfaat peningkatan kualitas pembelajaran
24
5
0
0
3.83
13. Kegiatan kerjasama yang dilakukan Program Studi PBSI STKIP Persada Khaulistiwa Sintang kegiatan PPL/KKM/Magang, dan lain-lain
24
5
0
0
3.83
14. Kegiatan yang dilakukan mendukung kegiatan skripsi >
24
5
0
0
3.83
15. Kegiatan kerjasama yang dilakukan mendukung Unit kegiatan Mahasiswa (UKM)
24
5
0
0
3.83
16. Mahasiswa diberi kemudahan akses untuk merealisasikan kerjasama secara rutin berkala dengan pihak eksternal
24
5
0
0
3.83
C. Bidang Kemahasiswaan (17-30)
17. Fasilitas Unit Kemahasiswaan untuk pembinaan pengembangan kepribadian dan kepemimpinan
24
5
0
0
3.83 3.83 Sangat Baik
18. Fasilitas Unit Kemahasiswaan untuk kegiatan pelatihan terkait leadership, public speaking, critical thingking, creativity, nasionalism
24
5
0
0
3.83
19. Fasilitas Unit Kemahasiswaan untuk kegiatan pelatihan terkait edupreneur
24
5
0
0
3.83
20. Fasilitas Unit Kemahasiswaan untuk kegiatan penguasaan teknologi informasi
24
5
0
0
3.83
21. Fasilitas Unit Kemasiswaan untuk kegiatan minat dan bakat di bidang seni, sosial, olahraga, dan kerohanian
24
5
0
0
3.83
22. Fasilitas Unit Kemahasiswaan untuk mengikuti kompetensi di bidang akademik dan non-akademik
24
5
0
0
3.83
23. Fasilitas Unit Kegiatan
24
5
0
0
3.83
24. Fasilitasi Unit Kemahasiswaan untuk layanan bimbingan konseling kepada mahasiswa
24
5
0
0
3.83
25. Fasilitasi Unit Kemahasiswaan untuk layanan akses beasiswa bagi mahasiswa berprestasi maupun kurang mampu
24
5
0
0
3.83
26. Fasilitasi Unit Kemahasiswaan untuk layanan kesehatan bagi mahasiswa
24
5
0
0
3.83
27. Fasilitasi Unit Kemahasiswaan untuk layanan asuransi/santunan kecelakaan bagi mahasiswa
24
5
0
0
3.83
28. Fasilitasi Unit Kemahasiswaan untuk layanan bimbingan karir
24
5
0
0
3.83
29. Fasilitasi Unit Kemahasiswaan untuk layanan pelatihan kewirausahaan
24
5
0
0
3.83
30. Fasilitasi Unit Kemahasiswaan untuk layanan pelatihan Jop Seeker (UKM)
24
5
0
0
3.83
D. Bidang Keuangan dan Sarana Prasarana (31-44)
31. Sistem pembayaran keuangan di bank secara online sangat efektif dan efisien
24
5
0
0
3.83 3.86 Sangat Baik
32. Pelayanan Staf unit keuangan sesuai kebutuhan mahasiswa
24
5
0
0
3.83
33. Sikap dan komunikasi kerja Staf unit keuangan sesuai jadwal kerja
24
5
0
0
3.83
34. Tanggapan staf unit keuangan terhadap keluhan mahasiswa
29
0
0
0
4
35. Aksesbilitas Sistem informasi keuangan
24
5
0
0
3.83
36. Pencahayan ruang kelas, ruang laboratorium dan ruang auditorium
29
0
0
0
4
37. Kebersihan dan kenyamanan ruang kelas, ruang laboratorium dan ruang auditorium
24
5
0
0
3.83
38. Aksesbilitas menggunakan ruang kelas, ruang laboratorium dan ruang auditorium
24
5
0
0
3.83
39. Ketersediaan makanan yang bervariasi dengan harga yang terjangkau pada Kantin dan Koperasi Mahasiswa
24
5
0
0
3.83
40. Kenyamanan, kebersihan dan keamanan ruang Layanan Kesehatan Mahasiswa
24
5
0
0
3.83
41. Ketersediaan buku wajib dan referensi yang digunakan dalam proses belajar mengajar di perpustakaan
24
5
0
0
3.83
42. Ketersediaan kenyamanan dan kebersihan Sarana ibadah
24
5
0
0
3.83
43. Kecukupan, ketertiban dan keamanan tempat parkir kendaraan
24
5
0
0
3.83
44. Kemudahan mengakses fasilitas hotspot/wifi
29
0
0
0
4
E. Bidang Pendidikan
1)Aspek Reliability (45-53)
45. Kejelasan materi perkuliahan yang diberikan dosen
24
5
0
0
3.83 3.9 Sangat Baik
46. Penyediaan waktu untuk diskusi dan tanya jawab
24
5
0
0
3.83
47. Kualitas Bahan Ajar (handout, modul, dll) yang digunakan oleh dosen dalam proses perkuliahan
29
0
0
0
4
48. Dosen mengembalikan hasil ujian/tugas/pekerjaaan mahasiswa dengan nilai yang objektif
24
5
0
0
3.83
49. Frekuensi dosen datang tepat waktu dalam perkuliahan
24
5
0
0
3.83
50. Dosen pengampu mata kuliah sesuai dengan bidang keahliannya
29
0
0
0
4
51. Dosen memberi kesempatan mahasiswa berpendapat dalam pembelajaran
29
0
0
0
4
52. Dosen menerima kritik dan saran dari mahasiswa
29
0
0
0
4
53. Kualitas layanan tenaga kependiidikan untuk memenuhi kepentingan mahasiwa
24
5
0
0
3.83
2)Aspek Responsiveness (54-57)
54. Kualitas bimbingan yang dilakukan oleh dosen PA/dosen wali
29
0
0
0
4 3.95 Sangat Baik
55. Kualitas pelayanan untuk membantu menyelesaikan masalah akademik
24
5
0
0
3.83
56. Kualitas dan intensitas pelibatan orang tua dalam menyelesaikan masalah akademik dan non akademik
29
0
0
0
4
57. Kualitas layanan bimbingan konseling bagi mahasiswa
28
1
0
0
3.97
3)Aspek Assurance (58-65)
58. Kesantunan/keramahan tenaga kependidikan dalam memberikan pelayanan
29
0
0
0
4 3.95 Sangat Baik
59. Ketepatan dan kesigapan tenaga kependidikan dalam memberikan pelayanan
29
0
0
0
4
60. Kesantunan/keramahan dosen dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa
24
5
0
0
3.83
61. Kesantunan/keramahan pengelola prodi (Ka/Sek Prodi) dalam memberikan pelayanan
28
1
0
0
3.97
62. Kesantunan/keramahan pimpinan (Ketua dan Wakil Ketua) dalam memberikan pelayanan
24
5
0
0
3.83
63. Efektifitas waktu yang dipergunakan oleh dosen dalam proses perkuliahan
29
0
0
0
4
64. Pemberian sanksi bagi mahasiswa yang melanggar peraturan yang telah ditetapkan dan berlaku untuk semua mahasiwa tanpa terkecuali
24
5
0
0
3.83
65. Permasalahan/keluhan mahasiswa ditangani oleh STKIP Persada Khatulistiwa Sintang melalui Dosen Pembimbing Akademik
28
1
0
0
3.97
4)Aspek Empathy (66-70)
66. Kepedulian dalam memahami kepentingan dan kesulitan mahasiswa
24
5
0
0
3.83 3.86 Sangat Baik
67. Besarnya biaya perkuliahan sesuai dengan layanan yang diterima mahasiswa
24
5
0
0
3.83
68. Dosen telah bersikap terbuka dan kooperatif dengan mahasiswa
29
0
0
0
4
69. Dosen telah memberikan nilai secara objektif dan adil
24
5
0
0
3.83
70. Selama ini minat dan bakat bidang akademik yang dimiliki mahasiswa dapat berkembang dengan baik
24
5
0
0
3.83
5)Aspek Tangibels (71-74)
71. Ruang kuliah tertata dengan bersih dan rapi
29
0
0
0
4 3.96 Sangat Baik
72. Ruang kuliah sejuk dan nyaman
24
5
0
0
3.83
73. Ketersediaan saran pembelajaran
29
0
0
0
4
74. Keberadaan laboratorium relevan dengan kebutuhan keilmuan mahasiswa
29
0
0
0
4
Jumlah Total 1762 384 0 0
Rata-rata 3.8
Jumlah Responden 29
Intepretasi Sangat Baik